-lapoRan kunjuNgaN industri-
Tempat
tujuan :
- XL
Xplor
- Bina
Nusantara Univercity
DAFTAR ISI
Cover.............................................................................................................................1
Daftar
Isi....................................................................................................................2
Kata
Pengantar............................................................................................................3
BAB I Hasil kunjungan di XL Xplor....................................................................4
1.1 Perkembangan
Sosial Media………………………………….................................................5
1.2.
Macam-macam sosial media.....................................................................................6
1.3. Fungsi
sosial media...................................................................................................8
1.4. Dampak
yang di timbulkan Sosial Media (Negatif &Positif)……………….….…9
BAB II Hasil kunjungan di University Bina
Nusantara..........................................10
2.1 Pengertian
industri........................................................................................10
2.2. Peranan Teknologi
Informasi Di Bidang Industri...................................10
2.3 Bidang
keahlian yang di butuhkan di dunia kerja………………………………....11
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta
hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini dapat
terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan
Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan
Industri. Saya menyadari bahwa dalam
penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai
pihak. Praktikan menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih
banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu
kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi
kesempurnaan laporan ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat
bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.
Depok,
Februari 2013
( penulis )
I.
Hasil kunjungan di XL Xplore
1.1 Perkembangan
Sosial Media dari tahun ke tahun
1. Perkembangan sosial media medio tahun 2008-2010, sangat mencengangkan.
Baru kaliini ada media yang dapat menangkap behaviour para pengguna karena
selama ini, hanyadata secara statistik yang dapat dilihat dari arah tren yang
berkembang. Sudah banyakbrand-brand besar yang sadar akan perkembangan ini,
sehingga menggunakannya untukkepentingan promosi, baik awareness maupun selling
event.Namun, belum ada website buatan Indonesia yang menangkap data statistik
secara jelastentang perkembangan sosial media. Selama ini, data statistik yang
berhubungan denganjumlah kuantitas pengguna maupun tren di sosial media, hanya
dimiliki oleh website luarnegeri.Salingsilang.com mencoba mengisi kekosongan
itu. Website yang baru di launchingulang ini, memiliki crawl engine yang
menangkap perkembangan sosial media maupunblog. Memiliki data yang valid walau
belum dapat menangkap secara keseluruhanfenomena sosial media yang terjadi.Ada
beberapa data kuantitatif yang unik hanya dimiliki di Indonesia. 15% tweets
yangada di dunia, diproduksi oleh orang Indonesia. Menempati peringkat ketiga
setelah Brazildan Amerika dalam kepemilikan akun twitter. Ada 4.883.228 akun
twitter milik orangIndonesia dan22.707.725 twit yang berasal dari Indonesia.
Data ini diambil sampaiJanuari 2011. Menariknya, twit terbanyak ada di range
jam 18-22 setiap malamnya. Danhari Senin dan Kamis, merupakan hari tersibuk
tweet menyusul hari Sabtu & Minggu.Menurut @Enda (Bapak Blogger Indonesia/penggagas
pengambilan data), ini menarikkarena ternyata, hari Kamis yang merupakan
midweek, menjadi hari favorit para tweepsuntuk membaca sekaligus
mentweet.Uniknya lagi, dari sekian banyak tweet tersebut, hanya 47% tweet
orisinal, 53% nyamerupakan hasil retweet. Data retweet ini memang menajdi
pertanyaan besar, adakesimpulan bahwa telah terjadi noise selama ini dalam
dunia twitter. Orang-orang hanyameneruskan tweet orisinal, yang bisa berakibat
bias dari maksud tweet itu sendiri. Namunkita tahu, bahwa orang Indonesia,
bermaksud untuk reply twit tersebut, tapi retweet yangdipilih untuk menjadi
tools nya.Sementara, kalau data berbasis lokasi pengguna twitter, Jakarta tetap
menjadi pemuncakdengan angka 16,33%, disusuk Bandung 13,79 % dan Yogyakarta
11,05%. Dilihat daridata ini, tidak terjadi ketimpangan antar kota. Dengan
tidak terlalu jauh angka ini antarkota yang terdata. Sampai medio Januari 2011,
tema sepakbola menjadi bahanpercakapan yang hangat dilihat dari data 20,17%.
Mungkin kita bisa mengira-ngira initerkait dengan kepengurusan PSSI maupun
kesuksesan Timnas Indonesia dalam AFFCup 2009. Selain sepakbola, event juga
mendominasi dengan angka 10,81%. Berarti, inibisa terlihat bahwa, tren
percakapan orang Indonesia di twitter bisa terjadi karenabeberapa hal, yaitu
event/peristiwa yang hangat dibicarakan di media massa maupunyang menyedot
perhatian banyak orang.Selain itu, sebelum disuspend, UberTwitter mendominasi
aplikasi twitter sebanyak 43%,disusul pemakaian API twitter 16% dan twitter for
blackberry sebesar 11%. Di data ini,
2. benar-benar terlihat, penggunaan aplikasi mobile mendominasi lebih dari
setengahpenggunaan aplikasi khusus untuk twitter. Berarti, penggunaan
handphone/gadget sudahmenjadi tren yang sangat marak untuk orang Indonesia
mengakses twitter.Data ini pun, sebenarnya menjaring kepemilikan blog di
Indonesia. Data yang dijaringberdasarkan penggunaan Bahasa Indonesia maupun
lokasi. Terjaring 4.131.861 blog yangdimiliki oleh orang Indonesia sampai
Januari 2011. Blogspot merajai penggunaan blog,menempati angka 80,65% , disusul
wordpress 14,50%, dan sisanya mengambil platformlain. Tentunya, salingsilang
mengambil parameter seberapa aktif blog tersebut di update.Dan keluarlah angka
sebanyak 32,67% saja yang update dalam 3 bulan terakhir. Angka 3bulan ini
dipilih sebagai angka yang cukup dijadikan patokan seberapa aktif blogtersebut,
dilihat dari content-content yang diupdate. Diluar ekspektasi penulis,
sebanyak27% topik yang dibicarakan blog adalah Korean Pop Culture. Wow, apakah
trend Sm*shikut mempengaruhi, atau sebaliknya, trend Kpop menjadikan Sm*sh,
masuk akal menjadisesuatu yang populer.Tentu saja salingsilang.com, tidak
melupakan facebook sebagai fenomena sosial media,untuk dijadikan koresponden.
Saat ini, Indonesia menempati urutan kedua terbesarpengguna facebook, setelah
Amerika. Medio Januari – Desember 2009, mencatatperkembangan sangat fantastis.
Dalam medio tersebut, pertumbuhan membesar menjadi19 juta pengguna. Perempuan
menempati urutan pertama dengan angka 59% dan sisanyauntuk laki-laki. Dan
seperti fenomena yang sosial media yang benar-benar menjangkitianak muda,
rentang umur 18-24 tahun, merupakan mayoritas pengguna facebook dengan41 %,
disusul rentang umur 25-34 dengan 24%. Dan ditotal dengan lainnya, terdapat
89%pengguna facebook, berada di bawah umur 35 tahun. Berbeda dengan twitter,
penggunafacebook berdasarkan lokasi, terlihat kesenjangan yang sangat lebar.
Jakarta denganangka 50,33%, namun disusul Bandung hanya dengan 5,02%.Menurut
Enda, data statistik pengguna internet pun belum dimiliki oleh Menkominfo.Data
statistik milik salingsilang ini, diharapkan dapat mengisi kekosongan yang
terjadi.Agar para marketer dapat memanfaatkan data ini sehingga dapat
mengkicaukan brandlebih efektif lagi dalam membangun conversation dan membentuk
community yang loyal.
1.2 Macam-macam
sosial media
1. Friendster
Friendster menjadi sosial interaksi media pertama yang booming di dunia maya.
Friendster menjadi daya tarik banyak orang karena memudahkan orang untuk
berkomunikasi antara satu dan lainnya, terutama untuk orang yang tinggal pada
jarak jauh. Selain itu aplikasi status menjadi daya tarik orang – orang, karena
kita dapat mengetahui aktivitas orang tersebut.
2.
Facebook Sejak awal kemunculan Facebook sudah mengalahkan kemunculan
Friendster. Beberapa aplikasi pada Facebook yang tidak ada pada Friendster
menjadi daya tarik Facebook.
3. Twitter
Sekarang, sosial media Twitter menjadi salah satu sosial media yang paling
banyak digunakan. Aplikasi yang simpel hanya dengan mengupdate status menjadi
daya tarik para penggunanya.
4. Blog Blog
merupakan sosial media yang lebih bersifat ke arah pribadi. Seseorang dapat
menuliskan atau mencurahkan isi hatinya ke dalam blog.
5. MySpace Sosial
media ini lebih sering dipakai oleh para musisi untuk mempromosikan musik
mereka, terutama untuk para musisi indie.
6. Youtube Tidak
beda jauh dengan MySpace, Youtube yang khusus untuk menamplikan video, menjadi
sosial media untuk mempromosikan video klip baru para musisi atau mempromosikan
film – film baru
Media sosial
menjadi bagian yang sangat diperlukan dari bauran pemasaran bagi banyak
perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan
dank lien. Media sosial platform, seperti blog, facebook, twitter, dan youtube
memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media
konvensional seperti media cetak dan iklan tv, brosur, dan selebaran. Selain
itu media sosial sekarang menjadi bagian integral untuk mendapatkan lalu lintas
pengunjung selain dari mesin pencari dengan memberikan tautan kepada situs
kita.
1.3Fungsi sosial
media
Social media, atau yang biasa disingkat dengan
SocMed, adalah berbagai sekelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun
berdasarkan pada fondasi teknologi dan ideologi web 2.0 yang memungkinkan
adanya penciptaan dan pertukaran isi oleh si pengguna social media tersebut.
Fungsi social media ini sendiri adalah sebagai jaringan komunikasi sosial
melalui internet.
Social media yang terbanyak penggunanya
diantaranya adalah Facebook, Twitter,LinkedIn, dan masih banyak lagi.
Siapa yang tidak kenal dengan facebook? Atau adakah masyarakat yang tidak tahu
apa itu twitter? Dua social media tersebut adalah dua yang paling aktif
digunakan oleh masyarakat saat ini. Tanpa adanya biaya untuk masuk ke Facebook
atau Twitter, siapapun bisa menjalin pertemanan dan komunikasi via internet.
Menurut mba Ajeng, setiap individu bisa
menjadi pemimpin melalui social media tersebut. Guru, misalnya, dapat
memanfaatkan social media sebagai media untuk menjalin komunikasi virtual kepada
anak didiknya atau sesama rekan guru lainnya. Kita dapat berbagi ilmu dan
informasi untuk kepentingan kemajuan pendidikan.
Bahkan, twitter dapat menjadi ajang komunikasi
sosial yang sangat penting. Bayangkan jika setiap ilmu atau info penting yang
kita sampaikan di twitter dapat diakses dan dibaca oleh follower kita, maka
tentu ilmu itu akan juga bermanfaat bagi orang lain. Dengan twitter pun, kita
dilatih untuk mampu menulis dengan singkat mengingat karakter yang tersedia
hanya 140 karakter! Kita harus mulai belajar menyampaikan info dengan singkat
namun jelas dan padat.
Lainnya halnya dengan facebook. Disana kita
dapat lebih leluasa menulis karena tersedia fitur note dimana kita dapat
mengungkapkan informasi dengan lebih maksimal. Sayangnya, Facebook saat ini
lebih banyak dimanfaatkan orang untuk berjualan, sehingga wall kita dipenuhi
dengan promosi-promosi, yang kadang mungkin sedikit banyak mengganggu kita.
Sebenarnya, para marketer itu bisa menawarkan
barangnya di blog mereka sendiri. Blog berbeda dengan facebook ataupun twitter. Blog, yang merupakan
singkatan dari web log, adakah jurnal. Blog adalah sejenis website atau bagian
dari website yang isinya dapat diupdate dari waktu ke waktu oleh pemiliknya.
Blog akan muncul secara kronologis sesuai dengan waktu postingannya.
Di blog, individu dapat dengan leluasa
menuliskan ide-ide pikirannya, atau menyampaikan laporan-laporannya, atau
bahkan men-share tip-tip khusus yang bisa diakses oleh para netter. Bahkan bisa
digunakan untuk berjualan! Ada banyak jenis/kategori blog saat ini. Diantaranya
adalah angry blogger, political blogger, emo blogger, obsessive blogger, travel
blogger, activist blogger, tech blogger, gaming blogger, food blogger, fashion
blogger, dan masih banyak lagi. Bahkan sekarang sudah ada yang namanya video blogging dimana
isi blognya berupa video-video, atauphotoblogging, yang mengkhususkan isi blog mereka
pada foto atau gambar.
Ternyata begitu banyaknya hal yang saya belum
tahu dan disinilah saya mendapat banyak ilmu dan informasi baru. TOT ICT ini
benar-benar membuka wawasan saya, dan juga mungkin para peserta lainnya,
tentang internet, social media, dan blogging. Semoga IGI Bekasi, Blogger Bekasi,
dan Indosat akan
terus mengadakan event-event seperti ini sehingga akan semakin banyak guru yang
melek teknologi dan mampu mengembangkan kualitas dirinya dengan banyak belajar.
1.4 Dampak yang di
timbulkan Sosial Media (Negatif &Positif)
Berikut
adalah dampak negatif penggunaan facebook bagi kaum pelajar dan pemuda:
Dampak negatif :
~ Berkurangnya waktu belajar
Terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar bagi kaun pelajar.
~ Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengasruh terhadap kondisi keuangan.
Dan biaya di Indonesia cenderung masih mahal di banding negara lain.
~ Menggangu kesehatan
Terlalu lama duduk atau nongkrong di depan monitor dapat menyebabkan gangguan pada mata.
~ Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini adalah dampak terlalu sering dan terlalu lama bermain dengan facebook, ini cukup menghawatirkan bagi perkembangan kehidupan bagi kaum pelajar. Seharusnya waktunya untuk bersosialisasi tapi dihabiskan di dunia maya bersama-sama dengan teman-temannya. Akibatnya verbal kaum pelajar menurun.
~ Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga dirumah adalah nomor 1. Slogan tersebut tidak berlaku bagi para facebookers. Maka dari itu perhatian untuk keluarga jadi berkurang
~ Tersebarnya data pribadi
Biasanya para facebookers memberikan data pribadinya secara detail. Mereka tidak tau resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Makanya Hati-hati ya…
~ Mudah menemukan sesuatu berbau ponografi dan sex
Para facebookers mudah sekali menemukan hal yang berbau porno n sex.
~ Rawan terjadinya perselisihan
ketidakdewasaan peggunaan facebookers itu sendiri dapat memicu terjadinya perselisihan
~ Dapat terjadi penipuan
~ Berkurangnya waktu belajar
Terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar bagi kaun pelajar.
~ Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengasruh terhadap kondisi keuangan.
Dan biaya di Indonesia cenderung masih mahal di banding negara lain.
~ Menggangu kesehatan
Terlalu lama duduk atau nongkrong di depan monitor dapat menyebabkan gangguan pada mata.
~ Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini adalah dampak terlalu sering dan terlalu lama bermain dengan facebook, ini cukup menghawatirkan bagi perkembangan kehidupan bagi kaum pelajar. Seharusnya waktunya untuk bersosialisasi tapi dihabiskan di dunia maya bersama-sama dengan teman-temannya. Akibatnya verbal kaum pelajar menurun.
~ Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga dirumah adalah nomor 1. Slogan tersebut tidak berlaku bagi para facebookers. Maka dari itu perhatian untuk keluarga jadi berkurang
~ Tersebarnya data pribadi
Biasanya para facebookers memberikan data pribadinya secara detail. Mereka tidak tau resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Makanya Hati-hati ya…
~ Mudah menemukan sesuatu berbau ponografi dan sex
Para facebookers mudah sekali menemukan hal yang berbau porno n sex.
~ Rawan terjadinya perselisihan
ketidakdewasaan peggunaan facebookers itu sendiri dapat memicu terjadinya perselisihan
~ Dapat terjadi penipuan
Dampak Positifnya:
~ Sebagai media promosi
~ Sarana diskusi
~ Tempat curhat
~ Mengetahui potensi diri
~ Menambah teman
~ Sebagai media promosi
~ Sarana diskusi
~ Tempat curhat
~ Mengetahui potensi diri
~ Menambah teman
II.
Kunjungan
di Univercity Bina Nusantara
2.1
Pengertian
industri
Industri adalah
bidang matapencaharian yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja (bahasa
Inggris: industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan
hasil-hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya. Maka industri umumnya
dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan
(ekonomi) yang berhubungan dengan bumi, yaitu sesudah pertanian, perkebunan dan
pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. Kedudukan industri semakin
jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan politik.
2.2
Peranan
Teknologi Informasi Di Bidang Industri
Di
bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin
produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical
Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer
Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD),
yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah mesin serbaguna
dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam
yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual akan sangat sulit
dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi dengan kendali
komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.
Selain
industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan
kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang
tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh
komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik danchip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang
komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape,
vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil,
motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh komputer.
2.3
10
Bidang keahlian yang di butuhkan di dunia kerja
Beberapa survei telah dilakukan untuk
menjawab pertanyaan tersebut. Di antaranya adalah yang dilakukan oleh Forecast
Survei kepada 334 eksekutif IT sebagai respondennya. Hasilnya didapati bahwa
33% dari mereka berencana untuk melakukan perekrutan tenaga kerja baru di tahun
2013. Bidang keahlian yang akan paling banyak dibutuhkan adalah :
·
Programming and Application Development
·
Project Management
·
Help Desk/Technical Support
·
Security
·
Business Intelligence/Analytics
·
Cloud/SaaS
·
Virtualization
·
Networking
·
Mobile Applications and Device Management
·
Data Center
Dengan pendekatan yang berbeda, Trainsignal juga melakukan hal serupa. Survei dilakukan kepada profesional IT yang duduk pada posisi manajerial di berbagai perusahaan global. Data yang diperoleh adalah kebutuhan akan keahlian sebagai berikut :
·
Software Development
·
Mobile Development
·
Web Development
·
Information Security
·
Cloud/SaaS
·
Network Management
·
Service Management
·
Virtualization
·
Extract, Transform and Load
·
Business Intelligence
Sebagai tambahan, ada baiknya untuk juga melihat informasi yang dipublikasikan oleh Forbes. Meskipun tidak spesifik membahas dunia IT, tetapi menariknya data dari Forbes menunjukkan IT sebagai bidang keahlian yang dominan dibutuhkan oleh bisnis. Berikut adalah daftar peringkat yang diberikan Forbes :
·
Software Developers (Applications and Systems
Software)
·
Accountants and Auditors
·
Market Research Analysts and Marketing Specialists
·
Computer Systems Analysts
·
Human Resources, Training and Labor Relations
Specialists
·
Network and Computer Systems Administrators
·
Sales Representatives (Wholesale and Manufacturing,
Technical and Scientific)
·
Information Security Analysts, Web Developers and
Computer Network Architects
·
Mechanical Engineers
·
Industrial Engineers
Untuk sukses berkompetisi di dunia kerja,
bijaknya apa pun yang kita tekuni atau pelajari saat ini masuk dalam daftar
yang disebutkan di atas. Hindari menghabiskan waktu dan dana untuk mempelajari
sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri.
Di BINUS UNIVERSITY ini
terdapat banyak program dan double program kuliah, yaitu :
PROGRAM
1) TEKNIK
INFORMATIKA (S1)
Dengan Kurikulum dan Perminatan :
a. Software
Engineering
b. Intelligent
System
c. Database
Technology
d. Networking
e. Interactive
Multimedia
f. Applied
Networking (CISCO)
g. Applied
Database (Oracle)
2) MOBILE
APPLICATION & TECHNOLOGY (S1)
Dengan Kurikulum Inti :
a. Introduction
to Mobile Programming
b. Introduction
to Mobile Technology
c. Creative
Mobile Application
d. [Applied]
Blackberry
e. [Applied]
iPhone
f. [Advanced]
Mobile Technology
3) SISTEM
INFORMASI (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Strategic
Information System
b. Business
Intelligence
c. E-Business
d. Applied
ERP (Enterprise Resource Pianning)
e. Applied
Database
4) INFORMATION
SYSTEMS AUDIT (S1)
Dengan Kurikulum Inti :
a. IS
Audit Process
b. IT
Governance
c. System
and infrastructure Life-cycle Management
d. IT
Service Delivery and Support
e. Protection
of Information Asset
f. Business
Continuity and Disaster Recovery
5) KOMPUTERISASI
AKUNTANSI (D3/S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Accounting
Information System
b. IT/IS
Investment
c. Applied
ERP (Enterprise Resource Planning)
d. Applied
Database
6) SISTEM
KOMPUTER (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Embedded
System
b. Communication
System
c. Robotics
and Industrial Automation
7) MANAJEMEN
(S1)
Dengan Peminatan :
a. E-Business
b. Business
and Organization
8) INTERNATIONAL
MARKETING (S1)
9) AKUNTANSI
(S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Perpajakan
b. Auditing
c. Sistem
Informasi Akuntansi
d. Pasar
Modal
10) HOTEL
MANAGEMENT (D4)
Dengan Kurikulum :
a. Common
& Hospitality Core Interpersonal Skills
b. Hospitality
Function Area
c. General
and Managenerial Unit Sales and Marketing
11) SASTRA
INGGRIS (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Teaching
b. Business
c. Tourism
12) SASTRA
JEPANG (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Penerjemahan
b. Office
13) SASTRA
CINA (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Teaching
b. Bisnis
c. Budaya
d. Mass
Media – Broadcast
14) TEKNIK
INDUSTRI (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Supply
Chain Management (Logistics)
b. Service
Systems Enggineering
c. Manufacturing
Systems
15) TEKNIK
SIPIL (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Sumber
Daya Air dan Lingkungan
b. Transportasi
dan Jalan Raya
c. Geoteknik
d. Manajemen
Konstruksi
e. Struktur
16) ARSITEKTUR
(S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Digital
Architecture
b. Interior
Architecture
c. Real
State
17) DESAIN
KOMUNIKASI VISUAL – NEW MEDIA (S1)
18) ANIMASI
(S1)
19) CREATIVE
ADVERTISING (S1)
20) DESAIN
INTERIOR (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a. Coment
and Hospitality Design
b. Furniture
& Interior Accessories Design
21) MARKETING
COMMUNICATION (S1)
Dengan Peminatan :
a. Broadcasting
b. Digital
Jounalism
c. Public
Relations
22) PSIKOLOGI
(S1)
Kurikulum program
Psikologi BINUS UNIVERSITY dititikberatkan pada bidang psikologi terapan.
Double Program
1) Accounting
& Information Systems
2) Manajemen
& Sistem Informasi
3) Manajemen
& Teknik Industri
4) Matematika
& Teknik Informatika
5) Statistika
& Teknik Informatika
6) Teknik
Industri & Sistem Informasi