Selamat Datang Di Blog Sederhana ini Mohon Maaf Jika Masih Banyak Kekurangan
Home » » laporan kunjungan industri

laporan kunjungan industri

Written By Anissa Chaniago on Jumat, 01 Maret 2013 | Jumat, Maret 01, 2013


-lapoRan kunjuNgaN industri-

Tempat tujuan :
-    XL Xplor
-    Bina Nusantara Univercity













DAFTAR ISI
Cover.............................................................................................................................1
Daftar Isi....................................................................................................................2
Kata Pengantar............................................................................................................3

BAB I Hasil kunjungan di XL Xplor....................................................................4
1.1      Perkembangan Sosial Media………………………………….................................................5
1.2.     Macam-macam sosial media.....................................................................................6
1.3.     Fungsi sosial media...................................................................................................8
1.4.     Dampak yang di timbulkan Sosial Media (Negatif &Positif)……………….….…9

BAB II Hasil kunjungan di University Bina Nusantara..........................................10
2.1     Pengertian industri........................................................................................10
2.2.    Peranan Teknologi Informasi Di Bidang Industri...................................10
2.3    Bidang keahlian yang di butuhkan di dunia kerja………………………………....11



















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan Industri. Saya  menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Praktikan menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.

                                                                                      Depok, Februari 2013

                                                                                                ( penulis )





I.        Hasil kunjungan di XL Xplore

1.1 Perkembangan Sosial Media dari tahun ke tahun
1. Perkembangan sosial media medio tahun 2008-2010, sangat mencengangkan. Baru kaliini ada media yang dapat menangkap behaviour para pengguna karena selama ini, hanyadata secara statistik yang dapat dilihat dari arah tren yang berkembang. Sudah banyakbrand-brand besar yang sadar akan perkembangan ini, sehingga menggunakannya untukkepentingan promosi, baik awareness maupun selling event.Namun, belum ada website buatan Indonesia yang menangkap data statistik secara jelastentang perkembangan sosial media. Selama ini, data statistik yang berhubungan denganjumlah kuantitas pengguna maupun tren di sosial media, hanya dimiliki oleh website luarnegeri.Salingsilang.com mencoba mengisi kekosongan itu. Website yang baru di launchingulang ini, memiliki crawl engine yang menangkap perkembangan sosial media maupunblog. Memiliki data yang valid walau belum dapat menangkap secara keseluruhanfenomena sosial media yang terjadi.Ada beberapa data kuantitatif yang unik hanya dimiliki di Indonesia. 15% tweets yangada di dunia, diproduksi oleh orang Indonesia. Menempati peringkat ketiga setelah Brazildan Amerika dalam kepemilikan akun twitter. Ada 4.883.228 akun twitter milik orangIndonesia dan22.707.725 twit yang berasal dari Indonesia. Data ini diambil sampaiJanuari 2011. Menariknya, twit terbanyak ada di range jam 18-22 setiap malamnya. Danhari Senin dan Kamis, merupakan hari tersibuk tweet menyusul hari Sabtu & Minggu.Menurut @Enda (Bapak Blogger Indonesia/penggagas pengambilan data), ini menarikkarena ternyata, hari Kamis yang merupakan midweek, menjadi hari favorit para tweepsuntuk membaca sekaligus mentweet.Uniknya lagi, dari sekian banyak tweet tersebut, hanya 47% tweet orisinal, 53% nyamerupakan hasil retweet. Data retweet ini memang menajdi pertanyaan besar, adakesimpulan bahwa telah terjadi noise selama ini dalam dunia twitter. Orang-orang hanyameneruskan tweet orisinal, yang bisa berakibat bias dari maksud tweet itu sendiri. Namunkita tahu, bahwa orang Indonesia, bermaksud untuk reply twit tersebut, tapi retweet yangdipilih untuk menjadi tools nya.Sementara, kalau data berbasis lokasi pengguna twitter, Jakarta tetap menjadi pemuncakdengan angka 16,33%, disusuk Bandung 13,79 % dan Yogyakarta 11,05%. Dilihat daridata ini, tidak terjadi ketimpangan antar kota. Dengan tidak terlalu jauh angka ini antarkota yang terdata. Sampai medio Januari 2011, tema sepakbola menjadi bahanpercakapan yang hangat dilihat dari data 20,17%. Mungkin kita bisa mengira-ngira initerkait dengan kepengurusan PSSI maupun kesuksesan Timnas Indonesia dalam AFFCup 2009. Selain sepakbola, event juga mendominasi dengan angka 10,81%. Berarti, inibisa terlihat bahwa, tren percakapan orang Indonesia di twitter bisa terjadi karenabeberapa hal, yaitu event/peristiwa yang hangat dibicarakan di media massa maupunyang menyedot perhatian banyak orang.Selain itu, sebelum disuspend, UberTwitter mendominasi aplikasi twitter sebanyak 43%,disusul pemakaian API twitter 16% dan twitter for blackberry sebesar 11%. Di data ini,
2. benar-benar terlihat, penggunaan aplikasi mobile mendominasi lebih dari setengahpenggunaan aplikasi khusus untuk twitter. Berarti, penggunaan handphone/gadget sudahmenjadi tren yang sangat marak untuk orang Indonesia mengakses twitter.Data ini pun, sebenarnya menjaring kepemilikan blog di Indonesia. Data yang dijaringberdasarkan penggunaan Bahasa Indonesia maupun lokasi. Terjaring 4.131.861 blog yangdimiliki oleh orang Indonesia sampai Januari 2011. Blogspot merajai penggunaan blog,menempati angka 80,65% , disusul wordpress 14,50%, dan sisanya mengambil platformlain. Tentunya, salingsilang mengambil parameter seberapa aktif blog tersebut di update.Dan keluarlah angka sebanyak 32,67% saja yang update dalam 3 bulan terakhir. Angka 3bulan ini dipilih sebagai angka yang cukup dijadikan patokan seberapa aktif blogtersebut, dilihat dari content-content yang diupdate. Diluar ekspektasi penulis, sebanyak27% topik yang dibicarakan blog adalah Korean Pop Culture. Wow, apakah trend Sm*shikut mempengaruhi, atau sebaliknya, trend Kpop menjadikan Sm*sh, masuk akal menjadisesuatu yang populer.Tentu saja salingsilang.com, tidak melupakan facebook sebagai fenomena sosial media,untuk dijadikan koresponden. Saat ini, Indonesia menempati urutan kedua terbesarpengguna facebook, setelah Amerika. Medio Januari – Desember 2009, mencatatperkembangan sangat fantastis. Dalam medio tersebut, pertumbuhan membesar menjadi19 juta pengguna. Perempuan menempati urutan pertama dengan angka 59% dan sisanyauntuk laki-laki. Dan seperti fenomena yang sosial media yang benar-benar menjangkitianak muda, rentang umur 18-24 tahun, merupakan mayoritas pengguna facebook dengan41 %, disusul rentang umur 25-34 dengan 24%. Dan ditotal dengan lainnya, terdapat 89%pengguna facebook, berada di bawah umur 35 tahun. Berbeda dengan twitter, penggunafacebook berdasarkan lokasi, terlihat kesenjangan yang sangat lebar. Jakarta denganangka 50,33%, namun disusul Bandung hanya dengan 5,02%.Menurut Enda, data statistik pengguna internet pun belum dimiliki oleh Menkominfo.Data statistik milik salingsilang ini, diharapkan dapat mengisi kekosongan yang terjadi.Agar para marketer dapat memanfaatkan data ini sehingga dapat mengkicaukan brandlebih efektif lagi dalam membangun conversation dan membentuk community yang loyal.

1.2 Macam-macam sosial media

1. Friendster Friendster menjadi sosial interaksi media pertama yang booming di dunia maya. Friendster menjadi daya tarik banyak orang karena memudahkan orang untuk berkomunikasi antara satu dan lainnya, terutama untuk orang yang tinggal pada jarak jauh. Selain itu aplikasi status menjadi daya tarik orang – orang, karena kita dapat mengetahui aktivitas orang tersebut.


2. Facebook Sejak awal kemunculan Facebook sudah mengalahkan kemunculan Friendster. Beberapa aplikasi pada Facebook yang tidak ada pada Friendster menjadi daya tarik Facebook.

3. Twitter Sekarang, sosial media Twitter menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan. Aplikasi yang simpel hanya dengan mengupdate status menjadi daya tarik para penggunanya.

4. Blog Blog merupakan sosial media yang lebih bersifat ke arah pribadi. Seseorang dapat menuliskan atau mencurahkan isi hatinya ke dalam blog.

5. MySpace Sosial media ini lebih sering dipakai oleh para musisi untuk mempromosikan musik mereka, terutama untuk para musisi indie.

6. Youtube Tidak beda jauh dengan MySpace, Youtube yang khusus untuk menamplikan video, menjadi sosial media untuk mempromosikan video klip baru para musisi atau mempromosikan film – film baru

Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan dari bauran pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dank lien. Media sosial platform, seperti blog, facebook, twitter, dan youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan tv, brosur, dan selebaran. Selain itu media sosial sekarang menjadi bagian integral untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung selain dari mesin pencari dengan memberikan tautan kepada situs kita.

1.3Fungsi sosial media
Social media, atau yang biasa disingkat dengan SocMed, adalah berbagai sekelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun berdasarkan pada fondasi teknologi dan ideologi web 2.0 yang memungkinkan adanya penciptaan dan pertukaran isi oleh si pengguna social media tersebut. Fungsi social media ini sendiri adalah sebagai jaringan komunikasi sosial melalui internet.

Social media yang terbanyak penggunanya diantaranya adalah Facebook, Twitter,LinkedIn, dan masih banyak lagi. Siapa yang tidak kenal dengan facebook? Atau adakah masyarakat yang tidak tahu apa itu twitter? Dua social media tersebut adalah dua yang paling aktif digunakan oleh masyarakat saat ini. Tanpa adanya biaya untuk masuk ke Facebook atau Twitter, siapapun bisa menjalin pertemanan dan komunikasi via internet.
Menurut mba Ajeng, setiap individu bisa menjadi pemimpin melalui social media tersebut. Guru, misalnya, dapat memanfaatkan social media sebagai media untuk menjalin komunikasi virtual kepada anak didiknya atau sesama rekan guru lainnya. Kita dapat berbagi ilmu dan informasi untuk kepentingan kemajuan pendidikan.
Bahkan, twitter dapat menjadi ajang komunikasi sosial yang sangat penting. Bayangkan jika setiap ilmu atau info penting yang kita sampaikan di twitter dapat diakses dan dibaca oleh follower kita, maka tentu ilmu itu akan juga bermanfaat bagi orang lain. Dengan twitter pun, kita dilatih untuk mampu menulis dengan singkat mengingat karakter yang tersedia hanya 140 karakter! Kita harus mulai belajar menyampaikan info dengan singkat namun jelas dan padat.
Lainnya halnya dengan facebook. Disana kita dapat lebih leluasa menulis karena tersedia fitur note dimana kita dapat mengungkapkan informasi dengan lebih maksimal. Sayangnya, Facebook saat ini lebih banyak dimanfaatkan orang untuk berjualan, sehingga wall kita dipenuhi dengan promosi-promosi, yang kadang mungkin sedikit banyak mengganggu kita.
Sebenarnya, para marketer itu bisa menawarkan barangnya di blog mereka sendiri. Blog berbeda dengan facebook ataupun twitter. Blog, yang merupakan singkatan dari web log, adakah jurnal. Blog adalah sejenis website atau bagian dari website yang isinya dapat diupdate dari waktu ke waktu oleh pemiliknya. Blog akan muncul secara kronologis sesuai dengan waktu postingannya.
Di blog, individu dapat dengan leluasa menuliskan ide-ide pikirannya, atau menyampaikan laporan-laporannya, atau bahkan men-share tip-tip khusus yang bisa diakses oleh para netter. Bahkan bisa digunakan untuk berjualan! Ada banyak jenis/kategori blog saat ini. Diantaranya adalah angry blogger, political blogger, emo blogger, obsessive blogger, travel blogger, activist blogger, tech blogger, gaming blogger, food blogger, fashion blogger, dan masih banyak lagi. Bahkan sekarang sudah ada yang namanya video blogging dimana isi blognya berupa video-video, atauphotoblogging, yang mengkhususkan isi blog mereka pada foto atau gambar.
Ternyata begitu banyaknya hal yang saya belum tahu dan disinilah saya mendapat banyak ilmu dan informasi baru. TOT ICT ini benar-benar membuka wawasan saya, dan juga mungkin para peserta lainnya, tentang internet, social media, dan blogging. Semoga IGI BekasiBlogger Bekasi, dan Indosat akan terus mengadakan event-event seperti ini sehingga akan semakin banyak guru yang melek teknologi dan mampu mengembangkan kualitas dirinya dengan banyak belajar.
1.4 Dampak yang di timbulkan Sosial Media (Negatif &Positif)
Berikut adalah dampak negatif penggunaan facebook bagi kaum pelajar dan pemuda:
Dampak negatif :
~ Berkurangnya waktu belajar
Terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar bagi kaun pelajar.
~ Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengasruh terhadap kondisi keuangan.
Dan biaya di Indonesia cenderung masih mahal di banding negara lain.
~ Menggangu kesehatan
Terlalu lama duduk atau nongkrong di depan monitor dapat menyebabkan gangguan pada     mata.
~ Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini adalah dampak terlalu sering dan terlalu lama bermain dengan facebook, ini cukup     menghawatirkan bagi perkembangan kehidupan bagi kaum pelajar. Seharusnya waktunya         untuk bersosialisasi tapi dihabiskan di dunia maya bersama-sama dengan             teman-temannya. Akibatnya verbal kaum pelajar menurun.
~ Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga dirumah adalah nomor 1. Slogan tersebut tidak berlaku bagi para             facebookers. Maka dari itu perhatian untuk keluarga jadi berkurang
~ Tersebarnya data pribadi
Biasanya para facebookers memberikan data pribadinya secara detail. Mereka tidak tau     resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Makanya Hati-hati ya…
~ Mudah menemukan sesuatu berbau ponografi dan sex
Para facebookers mudah sekali menemukan hal yang berbau porno n sex.
~ Rawan terjadinya perselisihan
ketidakdewasaan peggunaan facebookers itu sendiri dapat memicu terjadinya     perselisihan
~ Dapat terjadi penipuan
Dampak Positifnya:
~ Sebagai media promosi
~ Sarana diskusi
~ Tempat curhat
~ Mengetahui potensi diri
~ Menambah teman
II.     Kunjungan di Univercity Bina Nusantara
2.1  Pengertian industri
Industri adalah bidang matapencaharian yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja (bahasa Inggris: industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya. Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan bumi, yaitu sesudah pertanian, perkebunan dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. Kedudukan industri semakin jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan politik.

2.2   Peranan Teknologi Informasi Di Bidang Industri

Di bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah mesin serbaguna dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual akan sangat sulit dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi dengan kendali komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.
Selain industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik danchip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh komputer.

2.3   10 Bidang keahlian yang di butuhkan di dunia kerja
Beberapa survei telah dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Di antaranya adalah yang dilakukan oleh Forecast Survei kepada 334 eksekutif IT sebagai respondennya. Hasilnya didapati bahwa 33% dari mereka berencana untuk melakukan perekrutan tenaga kerja baru di tahun 2013. Bidang keahlian yang akan paling banyak dibutuhkan adalah :



·                     Programming and Application Development
·                     Project Management
·                     Help Desk/Technical Support
·                     Security
·                     Business Intelligence/Analytics
·                     Cloud/SaaS
·                     Virtualization
·                     Networking
·                     Mobile Applications and Device Management
·                     Data Center

Dengan pendekatan yang berbeda, Trainsignal juga melakukan hal serupa. Survei dilakukan kepada profesional IT yang duduk pada posisi manajerial di berbagai perusahaan global. Data yang diperoleh adalah kebutuhan akan keahlian sebagai berikut :



·                     Software Development
·                     Mobile Development
·                     Web Development
·                     Information Security
·                     Cloud/SaaS
·                     Network Management
·                     Service Management
·                     Virtualization
·                     Extract, Transform and Load
·                     Business Intelligence

Sebagai tambahan, ada baiknya untuk juga melihat informasi yang dipublikasikan oleh Forbes. Meskipun tidak spesifik membahas dunia IT, tetapi menariknya data dari Forbes menunjukkan IT sebagai bidang keahlian yang dominan dibutuhkan oleh bisnis. Berikut adalah daftar peringkat yang diberikan Forbes :



·                     Software Developers (Applications and Systems Software)
·                     Accountants and Auditors
·                     Market Research Analysts and Marketing Specialists
·                     Computer Systems Analysts
·                     Human Resources, Training and Labor Relations Specialists
·                     Network and Computer Systems Administrators
·                     Sales Representatives (Wholesale and Manufacturing, Technical and Scientific)
·                     Information Security Analysts, Web Developers and Computer Network Architects
·                     Mechanical Engineers
·                     Industrial Engineers
Untuk sukses berkompetisi di dunia kerja, bijaknya apa pun yang kita tekuni atau pelajari saat ini masuk dalam daftar yang disebutkan di atas. Hindari menghabiskan waktu dan dana untuk mempelajari sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri.

Di BINUS UNIVERSITY ini terdapat banyak program dan double program kuliah, yaitu :
PROGRAM
1)      TEKNIK INFORMATIKA (S1)
Dengan Kurikulum dan Perminatan :
a.       Software Engineering
b.      Intelligent System
c.       Database Technology
d.      Networking
e.      Interactive Multimedia
f.        Applied Networking (CISCO)
g.       Applied Database (Oracle)
2)      MOBILE APPLICATION & TECHNOLOGY (S1)
Dengan Kurikulum Inti :
a.       Introduction to Mobile Programming
b.      Introduction to Mobile Technology
c.       Creative Mobile Application
d.      [Applied] Blackberry
e.      [Applied] iPhone
f.        [Advanced] Mobile Technology
3)      SISTEM INFORMASI (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Strategic Information System
b.      Business Intelligence
c.       E-Business
d.      Applied ERP (Enterprise Resource Pianning)
e.      Applied Database
4)      INFORMATION SYSTEMS AUDIT (S1)
Dengan Kurikulum Inti :
a.       IS Audit Process
b.      IT Governance
c.       System and infrastructure Life-cycle Management
d.      IT Service Delivery and Support
e.      Protection of Information Asset
f.        Business Continuity and Disaster Recovery
5)      KOMPUTERISASI AKUNTANSI (D3/S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Accounting Information System
b.      IT/IS Investment
c.       Applied ERP (Enterprise Resource Planning)
d.      Applied Database
6)      SISTEM KOMPUTER (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Embedded System
b.      Communication System
c.       Robotics and Industrial Automation
7)      MANAJEMEN (S1)
Dengan Peminatan :
a.       E-Business
b.      Business and Organization
8)      INTERNATIONAL MARKETING (S1)
9)      AKUNTANSI (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Perpajakan
b.      Auditing
c.       Sistem Informasi Akuntansi
d.      Pasar Modal
10)   HOTEL MANAGEMENT (D4)
Dengan Kurikulum :
a.       Common & Hospitality Core Interpersonal Skills
b.      Hospitality Function Area
c.       General and Managenerial Unit Sales and Marketing
11)   SASTRA INGGRIS (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Teaching
b.      Business
c.       Tourism
12)   SASTRA JEPANG (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Penerjemahan
b.      Office
13)   SASTRA CINA (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Teaching
b.      Bisnis
c.       Budaya
d.      Mass Media – Broadcast
14)   TEKNIK INDUSTRI (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Supply Chain Management (Logistics)
b.      Service Systems Enggineering
c.       Manufacturing  Systems
15)   TEKNIK SIPIL (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Sumber Daya Air dan Lingkungan
b.      Transportasi dan Jalan Raya
c.       Geoteknik
d.      Manajemen Konstruksi
e.      Struktur
16)   ARSITEKTUR (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Digital Architecture
b.      Interior Architecture
c.       Real State
17)   DESAIN KOMUNIKASI VISUAL – NEW MEDIA (S1)
18)   ANIMASI (S1)
19)   CREATIVE  ADVERTISING (S1)
20)   DESAIN INTERIOR (S1)
Dengan Kurikulum dan Peminatan :
a.       Coment and Hospitality Design
b.      Furniture & Interior Accessories Design
21)   MARKETING COMMUNICATION (S1)
Dengan Peminatan :
a.       Broadcasting
b.      Digital Jounalism
c.       Public Relations
22)   PSIKOLOGI (S1)
Kurikulum program Psikologi BINUS UNIVERSITY dititikberatkan pada bidang psikologi terapan.
Double Program
1)       Accounting & Information Systems
2)       Manajemen & Sistem Informasi
3)       Manajemen & Teknik Industri
4)       Matematika & Teknik Informatika
5)       Statistika & Teknik Informatika
6)       Teknik Industri & Sistem Informasi


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Followers